Kamis, 26 Juni 2014

future..oh future..

like i said on the last post, from yellow to red badge.
time flies so fast.  and it's time to say HI! to the last year of senior high school.

It's our last chance, to share the stage
Before we go our separate ways 
High school wasn't meant to last forever
It's our last chance, for us to shine


Cedih pemirsa.
nggak kerasa. rasanya tuh baru aja kemarin datang ke SMA dengan seragam SMP beratribut lengkap dalam rangka pra-MOP. (oke kapan-kapan aku post all about uforgettable MOPD)
Menginjakkan kaki sebagai kelas 12, pastinya harus udah punya bayangan tentang our future. 

kamu mau jadi apa nanti? 
kamu mau lanjut ke jurusan apa?
mau ke universitas mana?
yakin sama prospek kerjanya?
kok belum ngerti, sih? kan udah kelas 12.
jangan salah pilih! ntar nyesel.
ayo belajar biar nilainya nggak turun. SNMPTN, bro!

heleeh udah jadi makanan sehari-hari.
aku bingung, mamaa!
jujur, aku sendiri juga belum tahu minat dan passion ku ke arah mana. selama ini aku cuma tahu sebatas apa yang aku dapat dari sekolah. seperti ekonomi, yang aku pelajari cuma waktu kelas X, tapi cukup menarik perhatian buat aku belajar. seperti sosiologi, yang notabene asyik buat dipelajari tapi aku cuma dapat pelajarannya kelas X karena aku masuk jurusan IPA. terus biologi, yang aku pelajari dari SD sih, tapi aku cuma tertarik sama pelajaran tentang manusia. ada lagi matematika, aku suka banget ngitungnya tapi tergantung materi dan mood.
jadi??
i have no idea 'bout my passion. 
aku selalu setengah-setengah kalo suka sama suatu hal.
terus ntar aku kuliah mau setengah-setengah juga?
minta didamprat sama mami ?!

dulu sih aku suka banget nulis.
nulis-nulis cerita nggak mutu tapi betah banget mantengin layar komputer berjam-jam.
mungkin ini juga karena ortu yang hobi nyupply buku-buku cerita dari aku kecil.
aku juga sempat mikir pengen jadi penulis.
tapi realistis, bro!
cita-citaku pun bertambah, penulis + dokter.
dulu aku belum tahu gimana ketatnya persaingan masuk kuliah kedokteran.
seberapa besar niat yang harus dipersiapkan sebelum mengabdi menjadi seorang dokter.
tapi aku masih belum banyak mikir.

sampai akhirnya menginjak kelas XI.
jadi apa ya?
tertarik sih sama dunia perekonomian. tapi aku cuma belajar bidang itu waktu kelas X.
kedokteran? hmm it can be.
kalo kata ortu, yang sangat mendorong aku buat masuk jurusan itu, aku cocok aja masuk situ. ditambah sedari SD aku rajin ikut ekstrakurikuler PMR, ditambah lomba Kader Kesehatan. aku juga betah ngehafalin tumpukan-tumpukan materi pelajaran. tapi...




aku penakut, bro.
sama darah? tidaktidak.
sendirian? YAYA.
intinya aku penakut. bayangan aneh-aneh tentang makhluk astral *kemudian muncul ricky harun* selalu muncul begitu aja tiap aku sendirian. bisa dibayangin dong orang yang ketakutan gara-gara bayangannya sendiri kayak gimana. nggak betah lah pokoknya.

aku udah bolak-balik ngasih alasan itu ke ortu, tapi mereka pasti bilang 'entar kamu kan terbiasa.'
duuh nggak tahu apa ya, rasa mules yang ngga tertahankan waktu ketakutan.
belum lagi saingan yang seabrek buat masuk jurusan ini. 

aku juga udah sering searching-searching tentang jurusan di PTN selain kedokteran.
dan berikut yang cukup menarik perhatian saya*ehem* :

1. FKM
intinya jurusan ini mempelajari tentang penyakit dan upaya pencegahannya di masyarakat. cukup menarik perhatian saya karena sepertinya hampir sejalan dengan lomba-lomba yang pernah saya ikuti. *nahloh kok jadi saya.

2. Teknobiomedik
aku masih agak bingung sih. tapi ini tuh kayak teknik-teknik gitu, sederhananya mungkin kayak bikin alat-alat yang dipake dokter? emm pokoknya kayak penghubung antara ekonomi dan kedokteran. cukup menarik tapi sepertinya cukup banyak melibatkan bidang kimia, bidang yang sebisa mungkin saya hindari.

3. Manajemen
intinya mengatur. peluang kerja yang luas membuat saya mencatat sebagai jurusan yang patut dipertimbangkan. tapi nggak mungkin deh dijadikan pilihan kedua. :c

4. Psikologi
mempelajari perilaku individu-individu. menariik. tapi ortu selalu menanyakan prospek kerjanya. hmm aku juga kurang tahu, karena ketertarikanku cuma berdasar pada pelajaran sosiologi. *ke jurusan sosiologi sono._.v

5. Fakultas ekonomi bisnis
belum punya bayangan, tapi tertarik apalagi di UNPAD. tapi ortu kurang setuju gara-gara 'jauh amat ke Bandung.' :(

well kalo mungkin ada yang salah sama pengertian saya tentang jurusan itu, mohon dimaklumi.
belum paham bro. selalu berusaha searching tapi belum ada yang bikin ngeh. mungkin emang bener kalo passion dan minat harus ditentukan dari sekarang. tapi aku sendiri juga bingung.
look! sebagian besar jurusan punyanya bidang IPS. maafkan aku kawan-kawan IPS.
aku juga galau.

aku sering iri sama mereka yang sudah jelas jurusan apa yang mereka inginkan.
sudah jelas passion mereka, minat mereka.
punya percaya diri yang kuat untuk mengumumkan 'AKU PENGEN JURUSAN BLABLABLA'

doakan aku kawan. semoga setelah posting kali ini, aku bisa memutuskan dengan segera jurusan apa
aku takut... salah :c

Passion is energy. Feel the power that comes from focusing on what excites you. -Oprah Winfrey.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar